Efek link spam di komentar pada SEO dan traffic

Efek link spam di komentar pada SEO dan traffic
Dengan adanya komentar dalam sebuah Blog tentu saja mempunyai nilai plus tersendiri terutama bagi pemilik blog tersebut hal itu membuktikan bahwa blog tersebut mempunyai traffic yang tinggi. Tetapi, ada salah satu faktor yang membuat jengkel ketika di dalam komentar-komentar pengunjung blog terdapat link yang aktif di sana. Hal ini dilakukan dengan sengaja oleh para komenters dengan tujuan meningkatkan backlink ke website mereka sendiri. Yang jadi pertanyaannya disini apakah link spam pada kolom komentar ini mempengaruhi website sobat netters? Dalam artikel ini, kita sama-sama mengulas berbagai pertanyaan mengenai topik ini serta bagaimana langkah-langkah jitu untuk mengurangi komentar spam ini.

Apakah Ada Efeknya pada SEO?

Berbicara dari perspektif SEO, apabila sobat telah mensetting kolom komentar blog menjadi NOFOLLOW, tak bakal ada konsekuensi untuk komentar spam di blog Anda. Setiap kali Google menemukan atribut rel="nofollow" dengan hyperlink, itu menandakan bahwa link tersebut tak memperoleh kredit pada peringkat pencarian. Langkah tersebut hanya untuk memastikan bahwa spammer tidak akan mendapatkan sesuatu dari tindakannya di komentar blog.

Tetapi, apabila Google menemukan bahwa blog sobat mempunyai link out yang DOFOLLOW mesipun itu di dalam komentar maka blog sobat bisa dipastikan bakal memperoleh sanksi dari Google. Apalagi apabila link tersebut datang dengan cara yang tidak wajar alias spam, hal itu bakal menjadi nilai buruk bagi website sobat.

Apa Yang Mesti Saya Lakukan?

Pastikan bahwa platform blog sobat telah up to date. Platform mutlak semacam Wordpress, Blogger, Flickr, Live Journal, serta lain-lain semua telah menerapkan  atribut rel="nofollow" untuk link di komentar.

Tetapi apabila sobat menggunakan platform selain blog, saya sarankan supaya sobat memakai atribut rel="nofollow" di mana saja yang memungkinkan spammer bisa menaruh link aktifnya sendiri, misalnya dalam kolom komentar, trackbacks, forum, testimonial, serta lain sebagainya. Area komentar terbukti mempunyai perhatian yang besar, tetapi mengamankan setiap lokasi di mana seseorang bisa meningkatkankan link merupakan langkah jitu untuk menjaga blog dari spammer.

Google bakal mengetahui segala atribut yang sobat sisipkan baik itu NOFOLLOW ataupun DOFOLLOW. Bila link out dari blog banyak yang beratribut DOFOLLOW, jelas hal ini akan mengancam merugikan blog Anda. Kecuali link Sobat yang berada pada website orang lain dengan beratribut DOFOLLOW itu bakal memberi nilai plus buat blog sobat.

Kesimpulan dari bahasan kali ini adalah jangan biarkan link spam ada pada kolom komentar Sobat sebagai DOFOLLOW, itu merupakan kesalahan besar bagi sobat. Sebab akan banyak sekali link out dari blog Sobat serta mereka memperoleh keuntungan dari apa yang mereka perbuat. Mungkin ini faktor yang sepele tapi sangat berpengaruh terhadap SEO serta traffic blog kita.

Demikian pembahasan Efek link spam di komentar pada SEO dan traffic kali ini Nah, bila ada tambahan alias kritik silahkan masukkan di komentar. Kami terima semua kritik serta saran dari Sobat semua. Jangan lupa juga berbagi artikel ini terhadap rekan Sobat yang lainnya supaya mereka tak ketinggalan informasi.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related: Efek link spam di komentar pada SEO dan traffic

0 komentar:

Post a Comment