Mengenal Lebih Dekat Unit pada Delphi

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Mengenal Lebih Dekat Unit pada Delphi, Kenapa Unit di gunakan didalam delphi, karena Unit merupakan suatu project yang mempunyai fungsi untuk menyimpan sekumpulan Prosedur dan Fungsi. Contoh ketika kita membuat sebuah aplikasi berupa Kalkulator menggunkan delphi, Fungsi dan perintah pada kalkulator akan dituliskan didalam Unit delphi, contoh-nya fungsi untuk mengalikan, menambah, mengurangi, membagi, memasukan dan menghapus sebuah angka pada kalkulator. Itulah, kenapa Unit sangat penting digunakan pada delphi.

Apa itu unit delphi?

Unit dalam delphi adalah sebuah file terpisah dalam suatu project yang berfungsi untuk menyimpan sekumpulan prosedur dan fungsi. Prosedur-prosedur ataupun fungsi-fungsi dalam unit delphi dapat dipanggil pada program utama dengan menambahkan nama unit ke dalam deklarasi Uses.

Struktur unit dalam Delphi

Sebagaimana file kode program pascal pada umumnya, unit dalam Delphi disimpan dengan ekstensi .pas. contoh : "antrian.pas"

Nama unit dalam delphi harus sama dengan nama file.Contoh : pada unit dituliskan Unit antrian; maka pada file juga dituliskan antrian..pas.

Struktur unit dalam Delphi

adalah sebuah struktur Unit, dimana Unit diletakan atau diposisikan di atas Interface. Dalam penulisan-nya seperti contoh dibawah ini :

Bagian Interface

Bagian interface berfungsi untuk mendeklarasikan type, serta nama prosedur dan nama fungsi. Setiap prosedur dan fungsi yang dideklarasikan dalam bagian interface nantinya akan diimplementasikan pada bagian implementation.

Bagian implementation

Bagian implementation berfungsi untuk mengimplementasikan seluruh prosedur dan fungsi yang dideklarasikan pada bagian interface. Semua prosedur dan fungsi yang sudah dideklarasikan dalam interface harus diimplementasikan pada bagian implementation, jika tidak diimplementasikan maka akan terjadi error.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang Mengenal Lebih Dekat Unit pada Delphi. Semoga bermanfaat bagi sobat semuanya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related: Mengenal Lebih Dekat Unit pada Delphi

0 komentar:

Post a Comment