Kenali Masalah Kesehatan Dalam Keluarga

Kenali Masalah Kesehatan Dalam Keluarga - Gejala penyakit yang timbul merupakan suatu tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada badan kita. Gejala itu ada yang dapat kita lihat, dirasa, dicium atau diukur. Ada kalanya gejala yang mampu dirasakan oleh pasien dan ada pula gejala yang baru bisa diketahui oleh setiap dokter sewaktu diadakan pemeriksaan.

Berdasarkan gejala yang timbul itu, seorang dokter dapat membuat diagnosa. Bila gejala yang tampak belum cukup, maka dokter meminta bantuan laboratorium untuk pemeriksaan darah, kencing, bab dan kadang-kadang sumsum tulang atau cairan otak. Bila masih belum jelas, diminta pula bantuan seorang radiologi untuk membuat foro-foto sinar-X dan sebagainya.

Memilih Dokter Bila Sakit

Kenali Masalah Kesehatan Dalam Keluarga
Seorang bila jatuh sakit, pertama-tama perlu menentukan apakah penyakitnya dapat diobati sendiri atau tidak. Misalnya sakit kepala, atau terjatuh dengan luka sedikit dapat saja dicoba mengobati sendiri. Bila gejala itu berupa demam tinggi, muntah-muntah, bab terus menerus, tidak dapat kencing dan sebagainya, jelaslah bahwa gejala penyakit demikian harus dibawa ke dokter.

Dokter yang pertama harus dicari adalak dokter umum. Jangan cepat-cepat mencari dokter ahli karena dokter ahli pada umumnya akan menarik imbalan dua kali lebih besar daripada dokter umum. Carilah dokter umum yang dekat dengan Anda! Dengan demikian akan menghemat waktu dan biaya Anda. Bila penyakit Anda atau keluarga tidak dapat diselesaikan oleh seorang dokter umum, maka dokter umum itulah yang akan menyuruh pasien ke dokter ahli yang tepat.

Carilah dokter umum yang tepat agar dapat menjadi dokter keluarga dan dapat memberikan ketenangan dan kepercayaan pada diri Anda untuk mengobati penyakit yang diderita keluarga. Walaupun kita hidup di abad teknologi tinggi, seni pengobatan seorang dokter dan kepribadiannya masih merupakan kekuatan yang menentukan berhasilnya pengobatan, terutama bagi pasien yang baru pertama kali berhadapan dengan dokter, pemalu atau yang kurang dapat menceritakan apa yang dideritanya.

Banyak dokter umum maupun dokter ahli pada saat ini sudah kurang memperhatikan seni pengobatan karena mereka berpegang eguh pada ilmu kedokteran saja, tetapi untunglah para dokter mulai menyadari bahwa pasien yang diberikan penjelasan tentang penyakit yang diderita dan obat apa atau operasi apa yang harus dilakukan, akan terjalin kerja sama yang baik antara pasien dengan dokternya. Sewaktu memilih dokter keluarga hendaklah diingat pula bahwa para dokter itu adalah manusia biasa yang sama dengan lainnya, yaitu ingin juga dapat kecukupan di bidang materiil. 

Dokter ada pula yang malas, mementingkan diri sendiri, tamak, angkuh, senang menjadi terkenal, mengabaikan keluarga sendiri dan bersikap kasar terhadap sesama dokter atau bawahannya. Namun demikian terlepas dari segala kekurangan sifat pribadinya, dokter itu adalah ahli dibidang kedokteran.

Memilih Seorang Dokter Keluarga Adalah Penting

Agar seorang dokter mengetahui betul keadaan keluarga Anda, mengetahui keuangan Anda, latar belakang keluarga, istri, suami dan anak-anak sehingga dengan demikian dokter itu dapat membuat diagnosa dengan tepat. Seorang dokter keluarga harus dapat bertindak sebagai penasehat bisang kesehatan dalam keluarga Anda bila perlu dapat mengirim ke dokter ahli yang tepat, setelah itu mengawasi kembali. Misalnya setelah menjalani operasi penderita diperbolehkan pulang, maka selama kesehatannya belum pulih betul, dokter keluarga itulah yang akan mengurusnya walaupun masih mendapatkan pengobatan seorang dokter ahli.

Sebelum memilih dokter keluarga, hendaklah Anda mengajukan pertanyaan pada diri Anda sebagai berikut :

  • Apakah dokter tersebut mempunyai hubungan dengan rumah sakit terdekat bila sewaktu-waktu harus dirawat?
  • Apakah dokter itu mau dipanggil bila pasien tidak dapat berjalan atau dalam keadaan gawat?
  • Apakah ia juga memeriksa ibu hamil dan mau menolong persalinan, merujuk ke ahli kebidanan bila diperlukan?
  • Apaah dokter itu memberi kekebalan/immunisasi? 
  • Berapa imbalannya bila dipanggil ke rumah?
  • Apakah dokter itu menarik imbalannya bila Anda meminta nasehat melalui telepon?
  • Apakah selama dokter itu tidak berada di kota, ada penggantinya?

Bila pertanyaan itu mendapat jawaban yang memuaskan Anda, maka dokter itulah yang cocok bagi keluarga Anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related: Kenali Masalah Kesehatan Dalam Keluarga

0 komentar:

Post a Comment