Kewajiban Dokter Keluarga Terhadap Anda

Kewajiban Dokter Keluarga Terhadap Anda - Seorang pasien dapat bebas memilih dokter yang disenanginya, untuk dijadikan sebagai dokter keluarganya, demikian pula seorang dokter bebas menerima atau menolak pasien dan keluarganya sebagai dokter keluarga tersebut.

Dokter keluarga harus menjelaskan pada pasien bahwa ada kemungkinan dokter dan pasien kurang cocok sifatnya, bawah untuk keberhasilan suatu pengobatan perlu kerja sama yang baik, maka bila dokter itu menganjurkan mancari dokter lain hendaklah pasien menuruti nasihat dokter tersebut. Tentu saja seorang dokter tidak akan semena-mena menolak menjadi dokter keluarga pasien tertentu, karena hal itu akan merusak pandangan masyarakat terhadap dirinya.

Kewajiban Dokter Keluarga Terhadap Anda
Menjadi dokter keluarga agak lain daripada sekedar mengobati pasien yang datang ke praktek untuk minta pengobatan. Dokter keluarga yang baik selain mengobati pasien harus pula mengenal latar belakang keluarga pasien itu, mata pencaharian, kedudukan, keadaan rumah, handai taulannya, hobi dan sebagainya.

Baca juga : Kewajiban Anda Terhadap Dokter Keluarga

Dokter keluarga sedapat mungkin membantu memecahkan persoalan keluarga, baik yang menyangkut masalah medis murni maupun yang menyangkut kejiwaan dan persoalan sosial. Masalah hubungan sesama orang tua dan anak dapat pula diminta bantuan seorang dokter keluarga.

Bila ada anggota keluarga yang sakit, pertama-tama dokter keluargalah yang harus dihubungi dan dokter keluargalah yang akan menentukan pengobatan dilakukan sendiri atau perlu dikirim kepada dokter ahlinya. Dokter yang baik harus bersikap jujur terhadap pasiennya, sebaliknya dokter juga mengharap pasiennya bersikap jujur terhadap dokternya, agar ia dapat memberi pengobatan yang tepat.

Memang kadang-kadang ada hal-hal yang perlu dirahasiakan demi kebaikan si pasien sendiri, misalnya terhadap penyakit yang tidak menimbulkan perasaan sakit, tetapi pasti akan berakhir dengan kematian, mungkin lebih baik tidak diberi tahu pada pasien agar ia tidak merasa tersiksa seakan-akan menghabiskan waktu hanya untuk menunggu ajalnya saja. Sebaiknya keadaan pasien yang demikian diceritakan pada keluarga dekatnya saja.

Dokter juga harus mencarikan penggantinya bila sedang keluarga kota, agar kesehatan keluarga yang menjadi tanggung jawabnya selalu terjamin.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related: Kewajiban Dokter Keluarga Terhadap Anda

0 komentar:

Post a Comment